Minggu, 12 Juni 2011

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR 
MASALAH SOSIAL

  1. MASALAH SOSIAL
Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :
1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.

untuk memudahkan mengamati masalah-masalah sosial, Stark (1975) membagi masalah sosial menjadi 3 macam yaitu :

(1) Konflik dan kesenjangan, seperti : kemiskinan, kesenjangan, konflik antar kelompok, pelecehan seksual dan masalah lingkungan.

(2) Perilaku menyimpang, seperti : kecanduan obat terlarang, gangguan mental, kejahatan, kenakalan remaja dan kekerasan pergaulan.

(3) Perkembangan manusia, seperti : masalah keluarga, usia lanjut, kependudukan (seperti urbanisasi) dan kesehatan seksual.

Salah satu penyebab utama timbulnya masalah sosial adalah pemenuhan akan kebutuhan hidup (Etzioni, 1976). Artinya jika seorang anggota masyarakat gagal memenuhi kebutuhan hidupnya maka ia akan cenderung melakukan tindak kejahatan dan kekerasan. Dan jika hal ini berlangsung lebih masif maka akan menyebabkan dampak yang sangat merusak seperti kerusuhan sosial. Hal ini juga didukung oleh pendapatnya Merton dan Nisbet (1971) bahwa masalah sosial sebagai sesuatu yang bukan kebetulan tetapi berakar pada satu atau lebih kebutuhan masyarakat yang terabaikan.

      2.  MANIFEST SOCIAL PROBLEM
masalah yang timbul akibat terjadinya kepincangan-kepincangan di masyarakat terjadi akibat tidak sesuainya antara norma-norma & tindakan serta nilai yg ada dlm masyarakat sebab masyarakat tidak menyukai tindakan-tindakan yg menyimpang

      3.  LATENT SOCIAL PROBLEM
menyangkut hal-hal yang bertentangan / berlawanan dengan nilai-nilai masyarakat akan tetapi tidak diakui demikian halnya

      4.  PERMASALAHAN SOSIAL DI INDONESIA

Permasalanan sosial di Indonesia sangat banyak .contoh dari permasalahan sosial tersebut adalah:
• Kemiskinan
• Tingkat pendidikan rendah
• Tindakan kriminal
• Pengangguran

Apa penyebab dari semua permasalahan itu ? banyak sekali penyebabnya. 
1. Kemiskinan:
    Penyebab :
        a. banyaknya pengangguran
        b. kebutuuhan pokok mahal
    Imbas:
    Tingkat pendidikan rendah.

2. Tingkat pendidikan rendah :
    Penyebab:
        Kemiskinan ( banyak orang miskin tidak bisa menyekolahkan anaknya)
    Imbas:
        Banyak pengangguran

3. Tindakan kriminal:
    Penyebab:
        Kemiskinan (tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga melakukan tindakan kriminal berupa     mencuri / merampok ).
    Imbas:
        Banyak yang dirugikan.
        Contoh:mencuri, merampok, penipuan, dan lain-lain

4. Pengangguran:
    Penyebab:
        a. tingkat pendidikan rendah
        b. tidak seimbang antara lapangan kerja dengan warga usia produktif.
     Imbas:
        Kemiskinan.
Dan jika semua masalah sosial tersebut ingin diselesaikan. Maka yang pertama dibenahi adalah pendidikan karena tingkat pendidikan rendah adalah masalah utama sehingga mempengaruhi masalah lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar